Seperti yang kita ketahui, Indonesia dipenuhi dengan kekayaan alamnya yang menakjubkan. Salah satu kekayaan tersebut ada di Taman Nasional Bunaken atau yang juga disebut Taman Laut Bunaken. Di dalam taman yang sudah ada sejak tahun 1975 ini, hidup berbagai ekosistem laut yang sangat penting dan harus kita jaga kelestariannya. 

Taman Laut Bunaken terletak di kawasan Pulau Bunaken, dan masuk ke dalam wilayah “Segitiga Emas”, sebutan untuk jalur perairan laut yang menghubungkan laut Indonesia, Papua, dan Filipina. Taman bawah laut ini dipenuhi oleh ekosistem terumbu karang yang sangat kaya dan ribuan spesies ikan. 
 
Bagi Anda yang ingin melihat pesona keindahan bawah laut Bunaken, Anda harus pergi ke beberapa titik penyelaman yang sudah tersedia. Ada 20 titik penyelaman di Taman Laut Bunaken yang bisa Anda kunjungi. Dari 20 titik penyelaman tersebut, setidaknya ada 5 Spot Snorkeling di Bunaken. Simak daftar spot-spot tersebut di bawah ini.

1. Siladen

Taman Laut Bunaken - Siladen 

Sumber: www.uwphotographyguide.com

Siladen merupakan spot terbaik untuk snorkeling. Siladen memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam sehingga Anda tidak perlu teknik berenang khusus untuk bisa snorkeling di titik ini. Di dalam titik Siladen, Anda bisa menikmati keeksotisan dinding karang yang halus. Anda juga bisa melihat berbagai ikan seperti moorish idol, butterflyfish, dan masih banyak lagi.

2. Likuan 1, 2, dan 3


Likuan 1, 2, dan 3 memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih sehingga sangat cocok untuk penyelam pemula dan hanya ingin snorkeling. Spot penyelaman ini memiliki variasi ikan dan biota laut yang kaya. 

 
Di titik Likuan 1 dan 2, Anda bisa melihat penyu, bannerfish, napoleon wrasse, dan pyramid butterflyfish. Likuan 2 juga dipenuhi dengan berbagai jenis terumbu karang yang keras maupun lunak. Sementara di Likuan 3, Anda bisa menikmati berbagai spesies ikan dan terumbu karang berwarna-warni. 
 
Anda juga bisa menikmati pemandangan kipas laut dan spons-spons besar yang menghiasi dinding. Secara keseluruhan, Likuan 1, 2, dan 3 menjadi spot penyelaman paling populer dan tentunya sayang jika dilewatkan.

3. Mandolin

Taman Laut Bunaken - Mandolin 

Sumber: www.allindonesiatoursim.com
 

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat spesies ikan berkelompok, maka Mandolin bisa menjadi titik penyelaman yang tepat untuk Anda jelajahi. Di titik ini, Anda bisa menemukan banyak ikan berkelompok seperti unicornfish, bannerfish, surgeonfish, dan ikan penembak. Meski berkelompok, ikan-ikan ini sangat jinak, jadi Anda tetap bisa melihatnya dari dekat.

 
Selain ikan, titik Mandolin juga menyuguhkan pemandangan dinding dan puncak batu karang yang keren.

4. Puncak Barakuda


Sesuai namanya, Puncak Barakuda adalah titik penyelaman yang paling cocok untuk melihat ikan barakuda. Ikan barakuda di Taman Laut Bunaken memiliki ukuran yang cukup besar, biasanya ikan tersebut berenang bebas di tengah ikan tuna dan ikan jack. 

 
Puncak Barakuda terletak di kawasan pergantian antara daerah berpasir dan terumbu karang. Dengan pemandangan bawah laut yang keren, spot ini patut menjadi spot diving terbaik di Bunaken.

5. Bunaken Timor

Taman Laut Bunaken Timor 

Sumber: www.nativeindonesia.com
 

Spot penyelaman selanjutnya adalah Bunaken Timor. Perlu Anda ingat, arus bawah laut di titik ini cukup kuat, jadi Anda harus berhati-hati. Di titik Bunaken Timor, Anda akan dihipnotis dengan pemandangan terumbu karang dan berbagai spesies ikan berwarna-warni. Bahkan, jika beruntung, Anda bisa melihat pari elang, hiu, penyu, dan beberapa spesies ikan besar lainnya di titik penyelaman ini. Selain itu, Anda juga bisa melihat gua-gua kecil bawah laut yang memukau.

Itulah beberapa spot snorkeling dan diving terbaik yang bisa Anda jelajahi di Taman Laut Bunaken. Spot-spot tersebut menawarkan keindahan biota laut yang luar biasa dan tentunya sangat sayang jika terlewatkan. Jadi, pastikan untuk mengunjungi spot-spot tersebut saat di Bunaken.