Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat sehingga Budidaya Ikan Gurame semakin populer. Ikan jenis ini banyak tersebar di perairan Indonesia dan semakin banyak yang memulai usaha budidaya ikan gurame ini.

Meskipun jenis gurame ada banyak, namun di indonesia hanya beberapa jenis yang menjadi favorit dan dikembang biakkan selain Ikan Nila dan Ikan bawal.

Mengenal Ikan Gurame Lebih Dekat

Ikan gurame memiliki nama latin Osphronemus Goramy dengan nama lokal yang beragam. Bagian tubuh ikan ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan nila namun sisiknya lebih keras. Mulut ikan ini juga cukup kecil. Ukuran sisik dan sirip ikan gurame semakin besar seiring dengan pertumbuhan usianya.

Jenis-jenis Ikan Gurame

DI indonesia, Ikan gurame sangat beragam dan namanya juga beragam di setiap daerah. Namun umumnya semua orang akan mengetahui sebutan umum ikan gurame.

Ikan gurame juga memiliki jenis yang beragam dan Hanya beberapa jenis saja yang menjadi primadona Budidaya Ikan Gurame.

Gurame Soang

Budidaya Ikan Gurame Soang

Sering disebut Gurame Jawa Barat karena memang banyak terdapat di sana, Gurame ini juga sering disebut gurame angsa karena pada usia dewasa memiliki kening seperti angsa.

Bentuk tubuh gurame soang pipih memanjang, warna sisik tubuhnya kombinasi putih dan hitam. Gurame soang pada usia yang masih muda memiliki warna kemerahan pada bagian ekornya dan perlahan menghilang ketika mulai tumbuh dewasa. Bobot gurame soang dewasa dapat mencapai 8kg.

2. Gurame Bastar

Budidaya Ikan Gurame Bastar

Untuk Budidaya ikan Gurame, Jenis Bastar biasanya dipilih karena memiliki ukuran proporsional, rasa yang enak, dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Ikan ini memiliki sisik abu abu dengan diselingi warna gelap.

3. Gurame Padang

Budidaya Ikan Gurame Padang

Gurame padang berasal dari padang dan merupakan hasil perkawinan silang jenis gurame lain. Warnanya putih merah muda dan karakter warnanya cukup cemerlang. Ikan gurame padang saat ini banyak dijadikan sebagai ikan hias karena warnanya yang cerah tersebut.

4. Gurame Paris

Budidaya Ikan Gurame Paris

Gurame paris memiliki kemampuan reproduksi yang sangat cepat. Ikan ini dapat menghasilkan sekitar 5.000 butir telur dalam proses pemijahannya sehingga ideal untuk dikembangkan jangka panjang.

Selain dikonsumsi, ikan ini juga banyak dijadikan sebagai ikan hias, seperti ikan padang.

5. Gurame Porselen

Budidaya Ikan Gurame Porselen

Dengan warnanya yang mengkilap, tidak heran kalau jenis ini disebut dengan gurame porcelen. Ikan ini sangat menguntungkan dalam usaha Budidaya ikan gurame karena jenis ini merupakan yang paling disukai dan memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan jenis gurame lainnya.

6. Gurame Batu

Budidaya Gurame Batu

Gurame Batu kurang diminati oleh peternak ikan karena angka permintaan konsumsinya tidak sebanyak gurame jenis lain. Gurame batu dikenal memiliki sisik dan sirip lebih keras seperti ikan kakap dan tekstur daging yang agak berbeda dengan jenis lainnya.

7. Gurame Jepun

Budidaya Ikan Gurame Jepun

Gurame Jepun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan gurame jenis lain dengan usia yang sama. Sisiknya sedikit lebih lembut dan memiliki pertumbuhan yang agak lambat. Meskipun masih terus dibudidayakan, namun pamor Gurame jepun di kalangan pembudidaya ikan masih kalah dengan jenis lainnya.

8. Gurame Kapas

Budidaya Ikan Gurame Kapas

Sesuai namanya, gurame jenis ini memiliki kulit terang seperti kapas. Gurame ini dapat tumbuh dengan cepat dan peminatnya cukup banyak.

9. Gurame Bluesafir

Budidaya Ikan Gurame Blue Safir

Gurame Blue safir memiliki tanda yang cukup unik seperti ikan Kakap Mahogany. Ikan ini memiliki warna hitam kemerahan dan dapat mencapai berat hingga 4kg.

Cara Budidaya Ikan Gurame Yang Tepat

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia ikan, tentu tidak akan kesulitan dalam memelihara ikan ini. Namun bagi yang baru akan memulai usaha budidaya ikan gurame, silahkan simak tips berikut ini.

1. Memilih Bibit Ikan Gurame yang Tepat

Bibit ikan gurame haruslah dipilih yang berkualitas tinggi untuk mengurangi resiko resiko yang mungkin muncul dalam proses budidaya nantinya. Sangat disarankan membeli bibit ikan gurame dari Dinas Perikanan atau Usaha perikanan yang sudah teruji sebelumnya.

Pemilihan bibit ikan yang asal asalan dapat mengakibatkan banyak hal seperti ikan yang lambat besar, mudah terserang penyakit, abnormal, dan lain lain.

2. Berikan Pakan yang Seimbang

Setelah mendapatkan bibit ikan yang berkualitas, Hal yang sangat penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah makanan. Pemilihan pakan ikan nantinya akan sangat mempengaruhi perkembangan ikan yang dipelihara. Makanan ikan yang asal asalan dapat membuat ikan menjadi kurus, kurang sehat, bahkan tidak dapat besar.

Pemberian pakan ini dilakukan secara teratur dan tidak terlalu berlebihan, atau hanya secukupnya saja. Anda dapat memberikan pelet, jagung rebus, daun-daunan, dan juga dedak halus yang dicampur dengan kuning telur.

3. Gunakan Kolam Dengan Kedalaman Yang Cukup

Gurame adalah jenis ikan yang senang bergerak sehingga kita perlu memperhatikan kedalaman kolam yang dibuat. Kolam sebaiknya dibuat cukup dalam agar ikan dapat bergerak leluasa naik turun.

Jumlah ikan yang diisi ke dalam kolam juga harus menyesuaikan dengan ukurannya agar ikan tidak merasa penuh sesak.

Demikian artikel tentang Budidaya Ikan Gurame ini, Jangan lupa follow Facebook dan Instagram kami untuk mendapatkan informasi yang selalu update.