Jika anda ingin mengetahui Spesifikasi Shimano Baitrunner D yang sedang booming ini, silahkan baca sampai habis. Meskipun reel ini bukanlah yang termurah, namun anda tidak akan menyesal mengeluarkan uang anda untuk meminang reel ini.
Dengan membaca artikel tentang Baitrunner Spinning Reel, anda akan mendapatkan penjelasan mengenai sejarah dan penggunaan reel ini. Singkatnya, Jenis reel ini biasanya dipakai oleh pemancing yang menggunakan umpan hidup dalam berburu ikan. Spesifikasi Shimano Baitrunner D terbagi dalam 4 size yaitu 4000D, 6000D, 8000D, dan 12000D. Anda dapat menyesuaikan pilihan anda berdasarkan target ikan yang akan anda buru.

Yang perlu anda ketahui tentang Reel Ini

  • Saat ini adalah salah satu reel bait runner terbaik di pasaran
  • Reel ini sangat smooth dengan dua buah system Drag.
  • Kualitas produksikelas atas. Built Quality sangat halus dan rapi
  • Bahan berkualitas tinggi dan sangat tahan lama.

Beberapa fitur kelas atas yang diaplikasikan pada reel ini adalah Shimano Hypergear, Drag system yang waterproof, Cold Forged Spool, dan tentu saja Teknologi Varispeed yang ada pada jajaran reel shimano kelas atas.

Fitur Shimano Baitrunner D

Secondary Drag System – Shimano Baitrunner D memiliki dua buah drag system yang membuat Drag Utama menjadi “tidak aktif” hanya dengan sebuah sentuhan kecil pada Teaser Lever. Hal ini membuat tali pancing anda dapat meluncur keluar meskipun Bail dalam keadaan tertutup.

Begitu lever di balik, Drag kedua menjadi “Tidak aktif” dan yang aktif adalah drag utama sehingga dapat mulai bertarung dengan ikan. Proses ini bahkan dapat dilakukan secara otomatis dengan cara melakukan retrieve secara langsung.

Propulsion® Line Management System – Propulsion Line Management System pada reel Shimano adalah teknik desain spesial untuk bibir spool. Berkat desain ini, Line dapat meluncur dengan lebih smooth ketika kita melakukan casting.

Dengan bermacam ujicoba dan riset yang ketat baik secara langsung maupun simulasi komputer, desain bibir spool dengan system ini terbukti mampu mengurangi gesekan line dengan spool. Hasilnya tentu saja jarak lempar yang lebih jauh, minim gesekan, dan secara jangka panjang mampu memperlama usia line anda. Manfaat lainnya adalah line akan lebih rapi ketika keluar yang dapat mencegah kusut.

Shielded A-RB® ball bearings – Ketika memancing di air asin, Resiko yang dapat memperpendek umur reel kita adalah air laut dan pasir. Untuk menghindari hal ini, Shimano menggunakan 3 buah A-RB (Anti Rust Bearing) dengan tipe Shielded di kedua sisi. Shield pada bearing ini memakai pelapis spesial untuk meminimalisir kerusakan karena air asin dan memberikan kesan super smooth ketika melakukan retrieve.

Full S Concept design – S Concept pada Shimano Baitrunner D adalah : Smooth, Silent, Strong. Dengan Spool yang lebih besar, Dual Drag System, dan Fluidrive gear. Seluruh fitur tersebut dikreasikan agar reel ini benar benar smooth, senyap, dan kuat.

Fluidrive® II gearing – Reel Shimano terkenal sebagai reel yang paling smooth di pasaran. Shimano Baitrunner D bahkan hadir dengan Fluidrive generasi kedua yang menggunakan master gear jenis “Oversize” , yang tentunya lebih solid dan smooth dibandingkan dengan generasi pertama.

Varispeed® oscillation – Teknologi ini membuat posisi line/tali pancing pada spool menjadi rata dan teratur. Kita tidak akan menemui lagi tali pancing yang lilitan pada spool menumpuk secara tidak rata.

Super Stopper® instant anti-reverse – System Anti Reverse yang membuat reel shimano menjadi gesit dan efektif ketika melakukan hook

Dartanium dual drag – Secara garis besar, Dartanium Dual Drag adalah System drag yang menggunakan Cross Carbon sebagai komposisi utama. Drag dengan cross carbon memiliki kemampuan drag yang sangat smooth dan solid.

Di beberapa forum luar sering dibahas bahwa cross carbon “sedikit” kurang awet sehingga banyak yang memilih untuk menggunakan drag seperti carbontex yang mudah didapat dan murah.

Spesifikasi Shimano Baitrunner D

Spesifikasi Shimano Baitrunner D

  • Secondary drag system Membuat tali pancing bebas bergerak tanpa membuka Bail
  • Propulsion® Line Management System
  • Shielded A-RB® ball bearing
  • Full S Concept design
  • Fluidrive® II gearing
  • Varispeed® oscillation
  • Super Stopper® instant anti-reverse
  • Dartainium dual drag

Pilihan Model Shimano Baitrunner D

Shimano Baitrunner D hadir dalam 4 pilihan ukuran dari 4000 hingga 12000. Dari ukuran yang disediakan tersebut, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan anda?

Shimano Baitrunner 4000D

Shimano Baitrunner 4000D memiliki retrieve rate of 28″ dan sering memanfaatkan line braid untuk menambah kapasitas panjang line. Meskipun ukuran ini adalah yang paling kecil, namun pemancing laut yang tidak terlalu sering ketengah akan cocok dengan size ini, Begitu juga pemancing di danau atau sungai sungai.

Shimano Baitrunner 6000D

Shimano Baitrunner 4000D memiliki line retrieve rate of 35″ dan drag rating sebesar 20 lbs. Ukuran ini cocok untuk pemancing yang lebih sering menghabiskan waktu memancingnya di laut. Ukurannya Tidak terlalu gambot dan cukup untuk menarget ikan ikan kakap, kerapu, dll.

Shimano Baitrunner 8000D

Shimano Baitrunner 8000D mempunyai line retrieve rate of 36″ dan merupakan seri Baitrunner D yang paling laris karena memiliki kapasitas jangkauan ikan yang sangat banyak. Dengan drag rating sebesar 20 lbs, Kita dapat dengan Pede melayani gempuran ikan ikan kelas menengah seperti Kakap, Tenggiri, Barracuda, hingga Sailfish.

Shimano Baitrunner 12000D

Shimano Baitrunner 12000D adalah varian tertinggi yang menyasar pemancing ekstrim pemburu ikan ikan pelagis yang ganas seperti Sailfish, Wahoo, dan Tuna.  Kapasitas Spool yang besar ini memiliki line retrieve rate sebesar 37″ dan 20 lbs drag rate.

Tabel Spesifikasi Shimano Baitrunner D Series.

Model Line Retrieve (in) Mono Cap(lbs/yd) Braid Cap(lbs/yd) Max Drag (lb) BTR Max Drag (lb) S-ARB Ball Bearings Roller Bearings Gear Ratio Weight (oz)
BTR4000D  28 8/240
10/200
12/160
15/270
20/190
40/145
15 2 2 3 1 4.8:1 13.5
BTR6000D 35 10/300
12/265
16/170
30/245
50/210
65/130
20 2 2 3 1 4.8:1 20.1
BTR8000D  36 14/295
17/250
20/195
40/295
50/290
65/180
20 2 2 3 1 4.8:1 21.7
BTR12000D  37 12/550
16/350
20/265
50/505
65/310
80/230
20 2 2 3 1 4.4:1 30

Yang Menarik dari Shimano Baitrunner D

  • Original dual drag system
  • Smooth retrieve dengan memanfaatkan fitur fluidrive
  • Didesain untuk mampu digunakan di Air Laut

Yang Perlu dipertimbangkan ulang

  • Retrieve ratenya cukup slow karena Gear Ratio nya tergolong kecil
  • Drag washer Bawaan dikabarkan kurang awet.
  • Pilihan Varian untuk Indonesia kurang mudah didapatkan

Alternatif Shimano Baitrunner D

Dari pabrikan Penn, ada Spinfisher V yang memiliki Live Liner.  Ada 3 model dengan fitur Live Liner yaitu SSV4500LL, SSV6500LL dan the SSV8500LL.  Baca review nya Penn Spinfisher V Live Liner .

Untuk yang lebih murah, Daiwa menghadirkan Daiwa Regal Bite n Run yang tersedia dari ukuran 3500 hingga 5000. Harganya sekitar separuh dari harga Shimano Baitrunner D, dan Sayangnya pilihan ukurannya juga terbatas.

Penutup

Dengan  informasi Spesifikasi Shimano Baitrunner D diatas, Kami cukup merekomendasikan Shimano Baitrunner ini sebagai reel Dual Drag System Pilihan. Shimano merupakan salah satu penemu sistem reel seperti ini dan telah bertahan selama berpuluh puluh tahun.

Untuk yang baru ingin mencoba, Silahkan lirik Baitrunner 4000D. Namun jika anda ingin sedikit serius, Baitrunner 8000D saya kira sangat cocok untuk anda miliki.